Senin, 31 Januari 2011

Batal ke Arjuno, Puncak Welirang Jadi Pilihan

Beberapa bulan yang lalu sy telah berhasil muncak gunung Welirang, Jawa timur, Yeah… Haaaaaa…. Allahuakbar! Begitulah ekspresi ketika berada di puncak.

Dimulai dr 4 pemuda; Fuad, Mashari, Haris, dan Fulan. Malam sblm berangkat kita ngumpul ngebahas planning muncak, menyiapkan bbrp peralatan yg mau dibawa, dsb. Sore 15.30 kita ngumpul di masjid Baitul Makmur dekat Royal Plaza Surabaya, packing, sholat dulu, makan, and let’s Go! Walau waktu itu cuaca agak mendung, bahkan dibeberapa titik di Sby hujan kita putuskan tetap berangkat. Berangkat naek lyn dari Royal plaza menuju Terminal Bungurasih. Ganti naik bus patas menuju Pandaan. Turun pandaan ganti lyn lagi (nah di sini agak lama coz nungguin penumpang penuh, tp karna negosiasi akhirnya lyn tancap gas dengan tarif sedikit mahal…hehehe. Pas pukul 20.00 di depan Hotel Tanjung kita turun, lalu menuju Pos/kantor Perijinan pendakian.

Nah di situ kita diberi tau klo Arjuno lagi bahaya utk pendakian. Wuiiih…!!! Plannya kita ke Arjuno, tp setelah tau begitu kita putuskan ke saudaranya Arjuno, Welirang. Gak apalah, emang kita blm pernah ke welirang. Bismillah… 20.30 kita start mendaki, Alhamdulillah cuaca cerah coz bulan sabit n bintang slalu nemani kita, walo gitu senter tetap nyala loh.

100 meter berjalan nafas trasa ngos-ngosan… emang ini hanya permulaan, bth adaptasi bentar. Selang bbrp ratus meter dr lereng, kita mjumpai jalan berbatu, hati2 rek… kita pake sepatu, klo pake sandal agak bahaya. Suara khas jangkrik krek…krekkk..krekk… dan bau pegunungan mulai terasa… Subhanallah. Kita terus bjalan dan bertemu dgn segerombolan pendaki laen, Assalamu’alaikum.. oh..ini kawan kita dari Unair toh, kita brjabat tangan dan kenalan, mrk sekitar 10 org. Namun ngga muncak bareng, kita nyalip mrk, kita tggu di Pos Kokopan aja. Udah terasa laper, kita istirahat makan roti and minum scukupnya, jgn bnyk2 nanti malah kerepotan jalan. Hembusan angin sdh mulai terasa, suasana mulai dingin coz perjalanan brganti melewati semak2 tanpa pohon tinggi…

Wow..subhaallah pemandangan kelap-kelip kota seolah mengajak kami brhenti dan menikmatinya sejenak.. indah banget! Akhirnya 23.30 kita sampe Pos peristirahatan II, Pos Kokopan (mgkn itu istilah utk minum pada air pancuran), coz di situ ada sumber air/sungai. Terdapat gubuk dan padang yg agak luas. Jalur Surabaya-Malang terlihat oleh deretan lampu PJR, Jalur ke banyuwangi juga.. Pulau madura terlihat kerlap-kerlip, Indah banget dah! Okay, kita istirahat lalu mendirikan tenda, makan roti, memasak mie instan, n buat kopi susu (nb: dlm suasana dingin perut hrs terisi, jgn sampe kosong). Kita kmbali brtemu temen2 Unair. Abis itu sholat jama maghrib-isya, suasana wkt itu dingin banget so kita tidur aja lah.

Paginya 04.30 kita bangun, sholat subuh, santai smbl menunggu matahari terbit, ngobrol n foto2. Masak nasi+sarden, hmm…mantap bgt bro...

Pukul 09.00 kita beres2 n berangkat menju Pos III (Pengepul Belerang).

Walaupun ini perjalanan siang tapi tdk mudah, medan berbatu msh menjadi pijakan kami sampai kira2 selama 4 jam prjalanan (bnyk istirahatnya sih). Dari kejauhan tampak puncak welirang yg gersang spt puncaknya bersalju karna agak putih tanpa tumbuhan. 13.00 kita sampai di Pos III. Alhamdulillah suasana cerah. Langsung rebahan… masak nasi+sarden msh jadi andalan J. Di Pos III trdapat air tp tdk semelimpah di Pos II.  Habis makan kita sholat jama’ dzuhur-asar, tidur, lalu mencari kayu utk buat api unggun.

Suasana sore begitu dingin, tekanan udara rendah, ngobrol adalh solusi. Sblm maghrib masak nasi+mie dulu shg pas malam tdk perlu repot2 masak. Abis sholat kita sempatkan buat api unggun sambil ngobrol sampe sekitar 1 jam, suasana kebersamaan terasa banget. Canda tawa keluar lepas... Di Pos III ini tdk bisa melihat bawah spt di Pos II, coz di samping tenda kami dipenuhi pinus2. Cape ngobrol lalu tidur… Brrr dingin banget… Jaket dan Sleeping bag-ku terasa kurang tebal tuk menghalau rasa dingin. Kaos kaki dobel, kaos tangan, dan skibo pun ku pake.. zZzz… 13.00 alarm brdering… Lho..lho kok dingin banget ya.. Kata temenku td mlm ada Anjing yg mendekat di kemah kita, eh beneran.. 3 bungkus mie rebus amblas… Fiuh.. Oke, kita siap2 muncak lg nih, berangkat k atas dgn meninggalkan kemah, cukup bawa 2 tas aja, yg laen ditinggal. Terasa bgt suasana pegunungannya.

Perjalanan ini terassa dingin, hidung mulai berair..melewati jalan tanah, berbatu, dan melewati samping jurang, angin terus berhembus… Ayo puncaknya udah dekat…! Memotivasi utk segera sampai puncak. Kita sempat binggung coz ada bbrp puncak. Emang disini trdapat gunung kembar yg ketinggianny hamper sama. Dan…kita di puncak yg salah, bukan welirang tp gunung kembar. Ya kita nikmatin aja melihat Sunrise sambil foto2… Subhanallah dr puncak gunung kembar terlihat megah hamparan bumi dan pegunungan di sebelah utara, selatan, timur, dan barat. Kita masak minuman dulu (Energen) n makan roti (jgn lupa sampahnya dibawa ya, jgn ditinggalin di puncak). Tak lupa ku buat prasasti di situ.

Habis makan kita k puncak Welirang, dan… Yeah Allahuakbar! Kita dipuncak welirang! Gabung ma temen2 Unair, foto bareng, ceprat-cepret… Bendera Indonesia kukibarkan… wes pokoknya kecapekan hilang semua, lega rasanya… Terlihat Kepulan asap lumpur lapindo di porong, kepulan asap gunung bromo dan puncak Semeru di timur, Gunung penanggungan terlihat kecil di utara, puncak Arjuno yg sedikit berdiri kokoh lebih tinggi, kawah lebar puncak welirang dgn kepulan asap belerangnya berada persis saya berdiri, suasana kota batu, malang dan sekitar terlihat dari atas. Waktu itu suasana cerah bgt. Ternyata permukiman itu hanyalah kecil, yg besar adalah hamparan pegunungan. Wow… Subhanallah.

Okay, sekitar 30 menit di puncak akhirnya kita turun, berpapasan dgn para penambang belerang yg terlihat kuat, walau mgkn menyimpan rasa sakit pd dirinya, coz mereka harus naik-turun dgn beban berat. Naik dgn beban gerobak di pundaknya, turung dgn beban belerang bbrp karung. Pas kita Tanya mrk berapa bayarannya, eh ternyata kecil bgt, tdk sepadan dgn kerja fisik mrk… Sampe di pos III kita break, tidur, makan, sholat, dan packing, di pengepul belerang situ jg ada penjual roti klo mau beli, 1 bungkus 5000an, lumayan murah tuh… jg bisa pesen mie instan tapi waktunya agak lama coz mrk hrs turun gunung dgn mobil Hartopnya yg terisi berpuluh2 karung belerang.

Okay, sekitar 13.00 kita turun bareng ma temen2 Unair. Perjalanan turun emang lbh cepat, butuh waktu 2 jam tuk sampe ke pos II. Nah di situlah kaki ini terasa berat, kram kanan-kiri, dan hampir2 ngga bs melanjutkan perjalanan, istirahat di pos II, sholat n cuci muka. Abis itu kita lanjutin turun, sambil pake bantuan tongkat sbg penyangga..heheh. Thanks to Haris yg menemaniku bjalan lambat, karna 2 temen rombonganku udah lbh dulu turun. Nah disinilah terasa banget solidaritas persahabatan. Akhirnya 16.30 kita sampai bawah, break, rebahan…huft cape dech. Jam 17.00 kita lapor ke kantor perijinan klo kita sdh turun dgn keadaan selamat, heheh J. Kita kembali ke Surabaya naik lyn lalu oper bus, di Terminal pandaan break, Pocari Sweet jadi pilihan, ahh seger…

Di dalam bus tdk bnyk bicara, hanya merasakan lelah snd bayangan keindahan panorama alam welirang. Dan… Alhamdulillah 21.30 kita sampe Surabaya, mandi, sholat, langsung tiduuur….. Cape dech. Paginya hrs kembali beraktivitas kerja.

Sekian narasi singkat, hehehe, jadi pengen kan? Oke kapan2 kita bareng muncak. Thanks.